Pendidikan

Pengertian dan Faktor Umum Induksi Elektromagnetik

Pengertian dan Faktor Umum Induksi Elektromagnetik

Apacqualitynetwork – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia tentu membutuhkan listrik, baik untuk bekerja, belajar maupun melakukan aktivitas rutin lainnya. Hal ini tidak terlepas dari induksi elektromagnetik, yaitu suatu proses di mana konduktor yang ditempatkan dalam medan magnet berubah menjadi konduktor yang bergerak melalui medan magnet stasioner, menghasilkan tegangan melintasi konduktor.

Untuk memahami apa itu induksi elektromagnetik, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan magnet. Gaya-gaya yang ada di dalam dan di antara benda-benda yang menghasilkan pergerakan elektron, benda-benda ini mampu menghasilkan gaya tarik-menarik dan tolak menolak. Dikenal sebagai kekuatan non-kontak, kekuatan yang mempengaruhi objek yang berbeda di dunia.

Pengertian Induksi Elektromagnetik

Secara umum, induksi elektromagnetik dikatakan sebagai peristiwa terjadinya arus listrik, yang disebabkan oleh perubahan fluks magnet. Fluks magnet adalah jumlah garis gaya pada magnet yang dapat menembus suatu medan. Karena itu, timbul gaya listrik atau arus listrik yang memasuki suatu benda melalui medan magnet.

Michael Faraday, seorang ilmuwan Inggris yang mencatat penemuan paling berguna dalam sejarah elektromagnetisme pada awal abad ke-19. Dikenal sebagai induksi elektromagnetik, hingga saat ini menjadi salah satu elemen sentral dalam pengetahuan tentang induksi elektromagnetik. Dari eksperimen Faraday, perhatian beralih ke muatan listrik yang dapat dimanipulasi oleh medan magnet.

Induksi elektromagnetik adalah suatu proses yang terjadi ketika sebuah penghantar ditempatkan pada medan magnet yang bergerak atau berubah, atau ketika sebuah penghantar bergerak dalam medan magnet yang diam kemudian membangkitkan tegangan melintasi penghantar tersebut untuk menghasilkan dan menghasilkan arus listrik. Beda potensial yang muncul di ujung kumparan disebut gaya gerak listrik induksi (EMF).

Penemuan induksi dianggap sebagai penemuan sejarah yang luar biasa karena dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, aplikasi induksi terjadi pada generator. Perangkat berikut yang menggunakan sifat induksi elektromagnetik adalah generator, AC dan DC.

Faktor Umum Induksi Elektromagnetik

Untuk mengetahui apakah arus listrik mengalir atau tidak, Anda dapat menggunakan alat yang disebut galvanometer. Arus yang mengalir disebut arus induksi, kondisi ini disebut induksi elektromagnetik dan bukan tanpa alasan kondisi ini terjadi. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaya gerak elektromagnetik listrik.

1. Kecepatan Perubahan Medan Magnet

Faktor pertama yang mempengaruhi induksi elektromagnetik adalah laju perubahan yang terjadi pada medan magnet. Induksi yang muncul akan semakin besar jika didukung oleh laju perubahan magnet yang cepat. Hal ini harus dipahami dengan benar, agar tidak salah mengartikan kondisi terjadinya ggl induksi.

2. Banyaknya Lilitan

Jumlah lilitan juga mempengaruhi adanya induksi elektromagnetik, terutama jika lilitannya banyak. Semakin banyak tikungan yang muncul, ggl induksi yang dihasilkan juga menjadi lebih besar dan terus bertambah. Sebaliknya jika jumlah kumparan sedikit maka induksi yang dihasilkan juga akan lebih sedikit.

3. Kekuatan Magnet

Dalam hal ini gaya magnet juga mempunyai pengaruh yang sangat besar karena terjadinya gaya gerak listrik semakin kuat sifat kemagnetan yang ada. Dengan demikian semakin besar gaya yang dihasilkan oleh sifat kemagnetan, sebaliknya jika sifat kemagnetan kecil maka medan magnet yang ada juga kecil, faktor ketiga yang mempengaruhi perubahan medan magnet.

Sumber:

Kelas PLC

Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya Mulai yang Terdekat dengan Matahari

Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya Mulai yang Terdekat dengan Matahari

Apacqualitynetwork – Sistem Tata Surya merupakan kumpulan benda- benda langit yang terdiri dari Matahari yang merupakan pusat peredaran serta seluruh objek yang terikat oleh style gravitasinya. Objek- objek tersebut antara lain merupakan 8 buah Planet, 5 buah Planet Kerdil( dwarf Planet), 173 buah Satelit natural serta jutaan barang yang lain semacam Meteor, Asteroid serta Komet.

Tata surya merupakan tempat yang kita tinggali dikala ini. Sepanjang ini, hanya bumi planet salah satunya yang dapat ditempati oleh manusia. Sedangkan, planet lain mempunyai keadaan yang lumayan ekstrem buat dihuni manusia, semacam kandungan oksigen yang sangat rendah, tidak terdapat air sampai temperatur yang sangat dingin ataupun sangat panas.

Bersumber pada jarak terdekat dengan matahari, berikut urutan planet dalam sistem tata surya kita.

Merkurius

Merkurius merupakan planet urutan yang sangat dekat dengan matahari. Jarak dari Merkurius ke matahari hanya dekat 58 juta kilometer. Dengan jarak yang dekat ini, pada siang hari temperatur permukaan Merkurius menggapai 450 derajat Celcius serta pada malam hari dekat 180 derajat Celcius.

Planet merkurius merupakan planet terkecil disistem tata surya sebab hanya mempunyai diameter 4862 kilometer serta tidak mempunyai satelit natural. Oleh sebab itu, merkurius memerlukan waktu 88 hari buat mengelilingi matahari serta mempunyai periode rotasi 59

Venus

Venus merupakan urutan planet kedua terdekat dengan matahari yang berjarak dekat 108 juta kilometer. Planet Venus tidak mempunyai satelit semacam bumi namun Venus merupakan barang langit sangat cerah sehabis matahari serta bulan Wujud serta dimensi venus nyaris mirip dengan bumi. Tidak hanya itu saja komposisi planet, serta gravitasi mirip dengan planet bumi. Tetapi realitasnya venus serta bumi merupakan planet yang berbeda.

Venus mempunyai tekanan suasana 92 kali lipat lebih besar dari bumi. Planet Venus mempunyai orbit mengelilingi matahari sepanjang 224, 7 hari. Tidak hanya itu, Venus merupakan planet terpanas di tata surya sebab temperatur permukaannya dapat menggapai 735 derajat kelvin.

Bumi

Bumi merupakan planet urutan ketiga sehabis Venus yang mengelilingi matahari serta salah satunya planet yang mempunyai kehidupan. Perihal ini diisyarati dengan terdapatnya sumber kehidupan berbentuk air, oksigen, karbon dioksida, susunan ozon serta faktor kehidupan yang lain.

Mars

Planet mars merupakan planet keempatdari matahari serta planet kedua terkecil sehabis merkurius yang mempunyai diameter dekat 6. 800 kilometer. Mars mempunyai jarak ke matahari dekat 228 juta kilometer dengan waktu satu kali orbit sepanjang 687 hari serta periode rotasi dekat 24, 6 jam.

Jupiter

Jupiter merupakan planet kelima dari matahari serta adalah planet yang terbanyak dalam sistem tata surya. Jupiter mempunyai diameter pada permukaannya dekat 142. 860 kilometer serta mempunyai volume yang sanggup menampung 1. 300 kali bumi.

Saturnus

Saturnus merupakan planet keenam dari matahari serta adalah planet terbanyak kedua sehabis Jupiter. Kita ketahui kalau planet Saturnus merupakan planet sangat menawan diantara planet yang lain sebab saturnus mempunyai cincin yang mengelilingi planet.

Uranus

Uranus merupakan planet ketujuh dari matahari serta tercantum planet terbanyak ketiga sehabis Jupiter serta Saturnus. Planet Uranus populer dengan sebutannya bagaikan planet sangat dingin di tata surya. Perihal ini sebab temperatur minimal disitu dapat menggapai- 224 celsius.

Neptunus

Planet Neptunus merupakan planet kedelapan yang dihitung dari Matahari. Neptunus adalah planet terbanyak keempat di tata surya yang mempunyai diameter dekat 49. 530 kilometer. Bagi para pakar astronomi massa Neptunus 17 kali lipat lebih besar daripada Bumi serta sedikit lebih besar dari pada Planet Uranus.

Pluto

Pluto jadi planet yang sangat dingin di tata surya. Perihal ini diakibatkan sebab posisinya jauh dari matahari, namun komposis planet pluto tercipta dari es serta batu

Demikianlah penjelasan singkat terkai Urutan Planet di sistem tata surya. Mudah- mudahan artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda yah.

Referensi:

Wartapoin.com

Fungsi Trafo Step Up Secara Umum

Fungsi Trafo Step Up Secara Umum

Apacqualitynetwork – Transformator adalah perangkat yang mentransfer energi listrik antara dua atau lebih rangkaian listrik dengan induksi elektromagnetik. Trafo step-up adalah trafo yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak dari lilitan primer, sehingga memiliki fungsi penguat tegangan. Trafo ini banyak dijumpai pada pembangkit listrik sebagai penguat tegangan yang dihasilkan oleh generator menjadi tegangan tinggi yang digunakan pada transmisi jarak jauh.

Pengoperasian transformator didasarkan pada prinsip induksi elektromagnetik. Trafo menggunakan kumparan kawat yang, ketika arus bolak-balik diterapkan padanya, menciptakan induksi elektromagnetik. Dengan kata lain, arus listrik dalam kawat melingkar menghasilkan medan magnet.

Fungsi transformator adalah untuk mengubah besaran listrik suatu rangkaian. Kuantitas utama yang diubah oleh transformator adalah tegangan. Trafo digunakan untuk menurunkan atau menaikkan tegangan. Trafo atau trafo step-up digunakan untuk menaikkan tegangan. Sedangkan trafo atau trafo step down berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Fungsi Trafo Step Up

Pada dasarnya sebagai fungsi dari trafo atau trafo adalah untuk mengubah tegangan dari level tertentu ke level yang diinginkan. Dalam hal ini, peran trafo step-up adalah mengubah tegangan ke tingkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa fungsi dari trafo tipe step up dengan berbagai cara diantaranya :

1. Fungsi Trafo Step Up Pada Transmisi Listrik

Dalam sistem kelistrikan, trafo step-up digunakan untuk mendistribusikan atau mentransmisikan listrik PLN ke lokasi-lokasi terpencil. Ya, secara teori, untuk mengubah daya listrik yang besar bahkan dalam beberapa megawatt (jutaan watt), Anda juga membutuhkan kabel tembaga yang sangat besar.

Semakin besar ukuran penampang kabel, semakin tinggi biaya yang dibutuhkan untuk mentransmisikan listrik.

Untuk itulah digunakan arus bolak-balik (alternating current), karena dengan menggunakan trafo maka pendistribusian arus listrik akan lebih efisien. Jika semakin rendah arus listrik, semakin kecil penampang kawat tembaga yang dibutuhkan, tetapi risikonya adalah tegangan harus dinaikkan.

Energi listrik adalah energi, dan seperti yang kita ketahui, energi ini kekal, terlepas dari nilai energi yang hilang atau hilang. Dengan demikian, energi listrik yang masuk ke kumparan primer akan sama dengan energi listrik yang keluar dari kumparan sekunder.

2. Fungsi Transformator Step Up Pada Microwave

Di dalam microwave terdapat bagian yang disebut magnetron untuk mengubah energi listrik menjadi gelombang mikro frekuensi tinggi. Jadi, untuk bekerja, magnetron membutuhkan tegangan tinggi dengan arus yang cukup besar seperti gambar di bawah ini.

3. Fungsi Trafo Step Up Pada UPS

Pada inverter juga terdapat trafo step-up yang umumnya disebut trafo inverter. Kegunaan trafo yang terdapat pada inverter dapat digunakan sebagai step up atau step down karena pada saat listrik dalam kondisi normal tentunya membutuhkan proses pengisian baterai kering pada inverter.

Sumber:

https://www.kelaselektronika.com/

Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

Apacqualitynetwork – Apa yang dimaksud dengan “estetika” dalam hal ini? Pengertian estetika adalah bidang ilmu yang mempelajari keindahan dan membahas bagaimana keindahan itu dapat terbentuk dan bagaimana keindahan itu dapat dirasakan dan dirasakan oleh orang.

 

Pentingnya estetika

Secara etimologis, istilah “estetika” berasal dari bahasa latin “aestheicus” atau bahasa Yunani “aestheticos”, yang berarti perasaan atau hal-hal yang dapat dirasakan oleh panca indera manusia. Ada juga yang mengatakan bahwa pengertian estetika adalah cabang filsafat yang membahas tentang keindahan dan biasanya terdapat dalam seni dan alam semesta.

 

Definisi estetika

Estetika adalah studi tentang kualitas estetika objek, serta kekuatan impuls pembuat dan pengalaman estetika dan pengamatannya.

 

Estetika atau yang sering kita dengar tentang keindahan memiliki banyak arti dan makna, setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda satu sama lain mengenai arti dan makna estetika. Karena setiap orang memiliki penilaian dan kriteria kecantikan yang berbeda-beda. Namun disini kami mencoba memberikan sedikit pengertian tentang estetika.

 

Estetika yang sering kita dengar dan rasakan saat ini adalah estetika Barat. Jepang, Korea Selatan, Hong Kong dan pasar negara berkembang adalah contoh negara yang menganut estetika Barat. Kunci utama ke arah ini adalah menggali materialisme Barat, mewujudkan kearifan estetika Barat secara utuh dalam bentuk artefak atau nilai-nilai estetika Barat, substansial dan eksistensial. Di luar wacana ini, bentuk estetis dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang primitif dan terpinggirkan. lihat contoh kutipan tidak langsung

 

Pengertian estetika menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu estetika, kita bisa simak pendapat para ahli berikut ini:

 

Menurut Bruce Allsopp

Estetika adalah ilmu yang mempelajari proses dan aturan penciptaan suatu karya seni yang diharapkan dapat menimbulkan perasaan positif pada orang yang melihat dan merasakannya.

Menurut Herbert Read

Pengertian estetika adalah kesatuan dan hubungan bentuk yang ada antara penerimaan indera manusia, biasanya orang menganggap estetika sebagai seni atau seni akan selalu mengandung nilai keindahan. Pandangan ini sebenarnya salah dan menyulitkan orang untuk mengapresiasi seni, karena menurut Herbert Read seni tidak selalu menyiratkan nilai keindahan.

Menurut JW Moris

Konsep estetika sama dengan seni karena estetika dapat diterapkan pada objek yang berbeda, baik yang indah maupun yang tidak indah. Lebih lanjut, Moris juga menyebutkan bahwa estetika adalah subjek seni “seni”.

menurut dr Artini Kusmiatic

Pengertian estetika adalah suatu keadaan yang berkaitan dengan rasa keindahan yang hanya dapat dirasakan oleh seseorang apabila terdapat perpaduan unsur-unsur yang serasi dalam suatu objek.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia “KBBI”

Estetika memiliki dua pengertian, Estetika adalah cabang filsafat yang membahas tentang seni, nilai keindahan, dan tanggapan manusia terhadapnya. Estetika juga dapat didefinisikan sebagai kepekaan manusia terhadap seni dan keindahan.

(Kattsoff, Elemen Filsafat, 1953)

Estetika adalah segala sesuatu dan studi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan seni.

(Van Mater Ames, Ensiklopedia Collier, 1)

Estetika adalah studi yang berkaitan dengan penciptaan, apresiasi dan kritik karya seni dalam konteks hubungan antara seni dan aktivitas manusia dan peran seni dalam mengubah dunia.

(Jerome Stolnitz, Ensiklopedia Filsafat, 1)

Estetika adalah studi tentang filosofi keindahan dan keburukan.

(A.A. Djelantik, Sebuah Pengantar Estetika, 1999)

Estetika adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan keindahan dan mengkaji segala aspek yang disebut keindahan.

(William Haverson, dalam Estetika Terapan, 1989)

Estetika memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan sifat sebuah karya seni yang nilai-nilai non-moral.

(John Hosper, dalam Estetika Terapan, 1989)

Estetika adalah cabang filsafat yang berhubungan dengan proses estetika penciptaan.

(Agus Sachari, Estetika Terapan, 1989)

Estetika adalah filsafat yang membahas esensi dari semua kehidupan estetis dan artistik secara kontemporer.

(Jakob Sumarjo, Filsafat Seni, 2000)

Estetika mempertanyakan hakikat keindahan alam dan karya seni, sedangkan filsafat seni hanya mempertanyakan karya seni atau artefak atau artefak yang disebut seni.