Tips Saat Sedang Dimarahi Atasan Agar Tetap Tenang

Tips Saat Sedang Dimarahi Atasan Agar Tetap Tenang

Apacqualitynetwork –¬†Apakah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik tetapi apakah Anda masih marah pada bos Anda? Dimarahi di depan banyak rekan kerja di kantor karena suatu kesalahan? Membosankan memang. Akhirnya, sensasi nyeri hanya bisa ditekan dengan sendirinya.

Meski ada ego yang memar, tentu tidak bisa apa-apa karena dia bos di kantor. Jika Anda tidak bisa menahan emosi negatif yang berkobar, karier Anda dipertaruhkan.

Daripada mempertaruhkan semua hasil jerih payah Anda, lebih baik meredam emosi Anda. Memang tidak mudah, tapi itulah yang harus Anda lakukan.

1. Tarik napas

Kemarahan bos Anda bisa membuat Anda bergairah. Apalagi jika Anda merasa memiliki cukup pertahanan diri, pasti ada rasa tidak setuju. Namun, jangan bertemu api dengan api.

Cobalah untuk meredam emosi setelah dimarahi bos dengan menarik napas dalam-dalam, lalu menghembuskannya perlahan. Lakukan ini berulang-ulang sampai Anda benar-benar merasa tenang.

Setiap pekerjaan pasti memiliki masalah sendiri, terutama kesalahan yang akhirnya ditegur oleh atasan Anda. Jangan terlalu serius dan profesional.

2. Cari tahu dulu penyebabnya

Bos Anda tidak mungkin memarahi Anda tanpa alasan. Karena itu, tenang dulu dan hindari terpancing emosi. Daripada membiarkan energi negatif kemarahan bos mengobarkan emosi Anda, lebih baik Anda memahami apa yang dia katakan.

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui penyebab kemarahan atasan Anda. Pahami poin-poin penting katanya. Jika kesalahan datang dari Anda, terimalah dengan lapang dada dan berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Justru dari kemarahan atasan Anda terhadap Anda, Anda dapat menggunakannya sebagai motivasi untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki potensi. Dengan keterampilan yang Anda miliki, tidak hanya menyenangkan atasan Anda, tetapi bahkan mendapatkan promosi bukanlah hal yang mustahil.

3. Beri tahu kekhawatiran Anda

Bahkan jika Anda sudah mencoba untuk tidak memikirkannya, saat bos Anda memarahi Anda pasti membuat suasana menjadi berantakan. Untuk sedikit mengurangi rasa cemas Anda, Anda bisa curhat pada rekan kerja yang sudah Anda percayai.

Ajak teman Anda untuk mengobrol agar suasana lebih santai. Jika memungkinkan, mintalah mereka untuk menemani Anda sepulang kerja agar Anda bisa melupakan kejadian hari ini.

Jangan memberi tahu orang yang salah dan memperburuknya. Selain itu, katakan yang sebenarnya. Tidak perlu mendramatisir masalah jika tidak ingin memicu masalah baru.

Bukan ide yang baik untuk merahasiakan masalah Anda, tetapi ingatlah untuk menyelesaikannya sebelum Anda berbicara. Dengan menceritakan masalah Anda, Anda dapat mengurangi beban sedikit dan mungkin mendapatkan solusi untuk masalah Anda.

3. Tingkatkan kinerja Anda

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Anda perlu memahami poin penting dari kemarahan atasan Anda. Jika semuanya dimulai dari kesalahan Anda, maka tentu saja Anda harus menyelesaikan kesalahan tersebut.

Jika bukan karena itu, tidak ada salahnya meningkatkan kinerja Anda. Bukan hanya pekerjaan yang diperhitungkan, itu juga bisa berkisar dari kedisiplinan Anda saat memasuki pekerjaan hingga menyelesaikan tugas sebelum batas waktu.

Jadikan diri Anda lebih cerah sehingga nilai buruk Anda bisa terhapus. Tingkatkan juga produktivitas Anda saat bekerja dengan kualitas kerja yang superior.

4. Terima semua kritikan

Tetap tenang setelah ditegur atasan memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semuanya kembali kepada Anda dengan menerima kritik. Pada dasarnya, kemarahan bos Anda harus didasarkan pada keinginannya, misalnya, hasil seperti apa yang dia harapkan dari Anda. Meski tidak mudah, cobalah untuk menerima semuanya dengan ikhlas.

Sebagai seorang profesional di tempat kerja, jangan biarkan bos Anda diam setelah dimarahi oleh atasan Anda dan bahkan berhenti berbicara dengan Anda. Bersikaplah seperti biasa dan tunjukkan dengan penampilan Anda.

5. Alihkan pikiran Anda, bukan emosi Anda

Emosimu sudah memuncak setelah dimarahi bos. Jangan sampai meledak di kantor dan menimbulkan kekacauan. Ubah emosi Anda menjadi hal-hal yang menyenangkan. Ini akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari meledak seperti bos Anda sekarang.

Minta izin untuk istirahat sejenak sambil memulihkan suasana hati Anda yang berantakan. Pergi ke kafe favorit Anda, bernapas di luar kantor atau hanya mendengarkan musik favorit Anda.

Anda juga bisa makan atau minum yang manis-manis seperti coklat, kopi, susu, yogurt dan lain-lain. Dia sangat pandai meredam emosinya.

Sumber:

Blitarkota

gaji cyber security